Jumat, 28 Oktober 2016

Sumpah Pemuda Indonesia


Sumpah Pemuda ialah  satu tonggak peristiwa yg penting untuk bangsa Indonesia. Seperti yg kita sudah ketahui, ada tiga pesan penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, & berbahasa satu. Tiga perihal ini adalah faktor penting bagi negara kita.

 Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwasanya pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini adalah buah berasal dari perjuangan rakyat yg sepanjang ratusan th. tertindas dan tersiksa di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, situasi ketertindasan inilah yg kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan niat demi Mengangkat Harkat & Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, niat inilah yg jadi prinsip perjuangan rakyat Indonesia sampai sukses capai kemerdekaannya 17 th. kemudian yaitu pada tgl 17 Agustus 1945.

Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia
Sesuai bersama dengan namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tak ulang berjuang sendiri, melainkan bersama dengan sama.

Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda Indonesia tak lahir begitu saja. Banyak perihal yg melandasi para pemuda indonesia bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tak bakal dapat memicu Indonesia merdeka jikalau berjuang di group sendiri.

Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia memicu mereka menyadari bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I & II. Mereka jadi satu, jadi “Pemuda Indonesia”.

Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda jaman kini. Yaitu, isikan kemerdekaan bersama dengan perihal positif yg bermanfaat bagi nusa & bangsa.Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak ulang berjuang sendiri, melainkan bersamasama.

Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak perihal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak bakal dapat memicu Indonesia merdeka jika berjuang di group sendiri.

Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia memicu mereka menyadari bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka jadi satu, jadi “Pemuda Indonesia”.
Bertolak Belakang

Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda jaman kini. Yaitu, isikan kemerdekaan bersama dengan perihal positif yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 
Sumpah Pemuda merupakan suatu awal berasal dari cita-cita untuk menyatukan organisasi para pemuda dalam satu forum.Dapat diartikan pula bahwa organisasi para pemuda ini mencakup ruang lingkup yang luas yaitu seluruh Indonesia yang berkumpul membentuk suatu kelompok atau forum yang akan berbarengan mewujudkan cita-cita terlebih untuk bangsa Indonesia.Dan inspirasi terbentuknya sumpah pemuda itu juga merupakan hasil berasal dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang sudah bersama ikuti sebagian kali rapat yang diadakan ditempat yang berbeda,rapat pertama di gedung Katholieke Jongenlingen Bond (JKB),rapat ke dua di gedung Oost-Java bioscoop dan rapat yang terakhir di gedung Indonesische Clubgebouw.

Dalam pembahasan rapat pertama berasal dari sumpah pemuda tanggal 27 Oktober 1928 memutuskan ada 5 aspek yang bisa menaikkan atau memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah,bahasa,hukum adat,pendidikan dan kemauan.
Pertama,apabila sejarah yang di lewati oleh bangsa itu sama maka timbullah perasaan senasib pada para pemuda agar mereka akan berbarengan mempekuat persatuan untuk menjadikan bangsa Indonesia yang baik.
Kedua adalah bahasa,bahasa merupakan satu kunci dalam persatuan Indonesia,bila kami sebagai seorang pemuda memiliki bhs kebangsaan yang sama pasti akan tergugah dalam mempelajari dan memahaminya.Sehingga tidaklah menutup bisa saja bahwa para pemuda akan berbarengan memperkuat rasa persatuan.


Ketiga,apabila suatu bangsa memiliki peraturan yang harus dikerjakan secara bersama untuk mewujudkan ketentraman maka rasa saling merawat persatuan itu akan keluar dalam diri para pemuda terlebih pemuda Indonesia.
Keempat,bila dalam dunia pendidikan kerap kali kami sebagai seorang pelajar diajarkan akan rasa saling hiraukan satu sama lain dan kekompakan pada sesama rekan pelajar agar ada suatu wujud persatuan dalam menuju ke arah yang positif.
Kelima,jika seorang pelajar membawa hasrat dalam capai suatu cita-cita yang baik maka akan mengupayakan mewujudkannya agar tercapai,dan andaikan sikap ini dimiliki oleh tiap-tiap pelajar maka rasa persatuan akan meningkat.

Dalam rapat ke dua terhadap tanggal 28 Oktober 1928 juga menghasilkan suatu asumsi bahwasanya seorang anak harus meraih pendidikan kebangsaan dan pendidikan itu harus diimbangi bersama pendidikan disekolah maupun dirumah.Karena umumnya anak akan berinteraksi bersama lingkungan lebih kurang area tinggal agar keluarga harus edukatif anak perihal bagaimana harusnya menyikapi situasi itu.Dirumah,anak juga di didik secara demokratis agar dalam diri anak tercipta suatu kemandirian dalam dalam mengambil sebuah ketentuan yang baik.Namun dilingkungan sekolah juga tidak kalah penting,seorang pelajar harus dibekali pendidikan kebangsaan untuk mendorong impuls para pelajar.

Pada rapat ketiga diputuskan bahwa sejak dini,anak harus dibekali rasa nasionalisme dan demokratis.Sehingga akan membentuk sikap telaten dan independent dalam diri anak tersebut.
Selain itu,kita harus jelas bahwa rapat berikut tidak cuma mengkaji perihal itu tapi bagaimana cara mendorong impuls dalam mewujudkan cita-cita bangsa itu sendiri.Disini,kita harus jelas bahwa kami sebagai putera-puteri Indonesia harus selalu bersatu untuk membangun suatu bangsa yang baik.Dan seorang pelajar harus bisa menaikkan semangatnya dalam capai cita-cita bangsa.
Sumpah pemuda merupakan sumpah atau janji yang sudah diikarkan oleh para pemuda di bumi pertiwi ini.Bahwasanya,sebagai putera-puteri Indonesia harus mengakui atas tanah air,bangsa dan bahasanya.Dalam sumpah pemuda ini para pemuda bersumpah bahwa Indonesia adalah tanah air tumpah darahnya serta bhs Indonesia merupakan bhs yang mempersatukan seluruh tanah airnya.

Kita dulu mendengar bahwa kongres pemuda itu makin lama kuat ketika lagu Indonesia Raya yang merupakan ciptaan berasal dari orang yang amat berpengaruh dalam bangsa Indonesia ini.Dia adalah W.R.Supratman,yang diperdengarkan melalui lantunan bunyi biolanya yang amat indah tanpa diikuti syair.Dan ditetapkannya bendera Merah putih sebagai bendera nasional.Akhirnya,dalam rapat sumpah pemuda diputuskan rumusan yang akan diucapkan sebagai sumpah setia.
Disini,kita bisa mengambil sebuah asumsi bahwa makna perlu sumpah pemuda adalah
1. Mendorong impuls persatuan kebangsaan.
2. Mendorong impuls perjuangan untuk capai kemerdekaan.
3. Pertumbuhan bhs Indonesia sebagai  satu unsur kebudayaan Indonesia.

Saya sebagai pemuda Indonesia berjanji akan ikut membangun dan menaikkan dalam capai persatuan dan mewujudkan cita-cita bangsa indonesia

0 komentar:

Posting Komentar